Latest Posts

Lucid Dream dan Hukumnya

By 21.59 , ,

Bismillah.


Apa mimpi dalam tidurmu semalam? Menyenangkan?
Kadang saat hendak tidur, orang mengucapkan, 'semoga mimpi indah'. Jadi mimpi itu seperti hadiah ya? Datang dengan kejutan yang tidak diduga.
Aku memiliki seorang sahabat, ia nyaris tidak pernah mimpi buruk. Aku tanya kenapa, dan kamu tahu apa jawabannya?
'Aku bisa mengendalikan mimpi'

Ahaha.. tentu saja awalnya aku tidak percaya, tapi kemudian ia menceritakan semuanya, sejak kecil setiap tidur ia selalu sadar dalam mimpinya. Maksudnya, ia menyadari saat itu ia sedang dalam dunia mimpi, maka seperti dunia nyata, ia mengamati dan menikmati apa yang terjadi dalam mimpinya.
Lama-kelamaan, ia mulai mencoba mewujudkan khayalan dalam dunia tersebut, dan ia berhasil. Seolah jiwanya berpindah dunia saat ia tidur. Bahkan dalam mimpi, ia bisa benar-benar merasakan terbang.
Ada yang pernah mengalami?

Setelah mencari tahu, rupanya fenomena ini dinamakan Lucid Dream. Yaitu sadarnya seseorang saat tidur di dunia mimpi.
Lucid Dream ini bisa dipelajari untuk dipraktekkan. Biasanya orang mempelajarinya untuk meningkatkan semangat dan kebahagiaan dalam jiwa, serta menimbulkan efek positif dalam suasana hati. Bagi orang yang baru belajar, lucid dream terbagi menjadi 2, level low dan level high. Level low adalah dimana seseorang menyadari keberadaannya dalam dunia mimpi dan menjalaninya apa adanya. Adapun level high yaitu saat seseorang bisa mengambil alih dan mengontrol mimpi sesuatu keinginannya. Katanya, 2 orang yang memiliki kemampuan lucid dream level high bisa dream sharing, yaitu berbagi dan bertemu dalam mimpi yang sama. Aku sendiri baru menyadari memiliki kemampuan lucid dream level low.

Pernah menonton film divergent? Lucid Dream bisa dikatakan seperti proses simulasi yang dilakukan oleh para anggota baru faksi, mereka memasuki dunia pikiran mereka. Dalam film ini juga sempat dilakukan dream sharing, ketika 2 tokoh utamanya bertemu dalam dunia pikiran mereka.
Dari beberapa sumber yang aku baca, teori lucid dream ini pernah di filmkan dengan judul 'Inception'. Aku sendiri belum pernah nonton, tapi membaca sinopsisnya sepertinya iya.

Jadi lucid dream itu menyenangkan ya? Tergantung.
Kalau lucid dream level low seperti aku yang tidak bisa mengendalikan mimpi, saat suasana mimpinya sedang buruk, sulit untuk menghindarinya, kadang ingin bangun juga susah. Jatuhnya seperti rep-repan atau ketindihan.
Kalau level high, biasanya mereka terjebak dunia unawakening. Yaitu dunia antara mimpi dan kenyataan. Jadi mereka menyadari apa yang terjadi di dunia nyata, tapi pikirannya masih di dunia mimpi. Orang lain yang melihatnya pun bisa jadi tidak menyadarinya. Sahabatku yang levelnya high biasanya melihat tangannya, karena di dunia mimpi, ia memiliki tato di pergelangan tangan, jika tato itu masih ada saat ia berusaha bangun, berarti ia masih unawakening.
Selain itu, mereka juga bisa mengigau dengan gerakan bahkan berjalan saat tidur.
Mengendalikan mimpi sendiri tergantung mimpi yang dipilihnya, jika ia memilih melakukan sesuatu yang berat, saat terbangun akan terasa sekali lelahnya.

Lalu hukumnya bagaimana? Aku telah mencari di beberapa sumber terpercaya dan bertanya pada beberapa teman, tapi mereka tidak tahu, bahkan ada yang baru tahu tentang lucid dream ini.
Namun aku pernah membaca sebuah website berbahasa inggris yang menyatakan bahwa lucid dream ini tidak haram, sama seperti mimpi biasa, soal mengendalikannya, itu tergantung niat dan khayalannya, selama tidak mengkhayalkan sesuatu yang buruk, tidak apa-apa insya Allah.
Malah di sana dikatakan juga bahwa salah satu proses penyampaian wahyu kepada Rasulullah adalah melalui mimpi, dan boleh jadi (entah benar atau tidaknya) mimpi nya serupa dengan lucid dream karena saat itu beliau dalam keadaan tidur namun pikirannya sadar.

Cara mempelajari lucid dream? Silahkan googling, ada banyak situs yang mengajarkan caranya. Tapi aku sendiri tidak berminat untuk mempelajari lebih jauh. Karena bagiku, mimpi hanya bunga tidur. Apapun yang terjadi, semuanya bukanlah kenyataan.



Demikian. Wallahu A'lam.
Ada yang pernah mengalami lucid dream?
#ODOP #BloggerMuslimahIndonesia

You Might Also Like

6 comments

  1. Aku baru tau tentang lucid dream,kK. Info menarik

    BalasHapus
  2. Menarik! baru denger lucid dream {0}

    BalasHapus
  3. Aku baru tahu kalau namanya Lucid Dream.
    Aku dulu suka ngatur mimpi. Termasuk kalau lagi kangen aku bisa nemuin orang itu lewat mimpi. Tapi bukan kaya mimpi aku, lebih ke aku nontonin mimpi dia. Atau janjian sama orang ketemuan di mimpi. Sekarang udah ga pernah lagi sih main-main mimpi. Efek udah capek pas mau tidur ga mikir lagi. Kayanya seru juga mencoba lagi.

    BalasHapus
  4. Wah infonya menarik baru tau kalo itu namanya lucid dream

    BalasHapus
  5. Wahh baru tahu Mbak. MAu dong pas mimpi yang hepi2, kalo yg buruk sih bawaannya ketindihan. Mo bangun aja susah hehehe

    BalasHapus

Thank you so much if you're going to comment my post, give advice or criticism. I'm so happy ^_^ But please don't advertising and comment with bad words here. Thanks !

♥ Aisyah