Latest Posts
Bismillah.



Oleh : Kak Rifka Mustafida

KENAPA HARUS MENULIS?
1. Berkontribusi dan dakwah. Menurut data OJK, dari 100 masyarakat, kurang lebih hanya 11 orang yang tahu. Jadi karya tulis kita bisa bermanfaat dan amalnya terus mengalir Insya Allah. Berkontribusi ke masyarakat secara nggak langsung membantu mereka menyelesaikan masalah di ruang lingkup mereka. Kenapa kita lebih sering menggunakan ekonomi ribawi? Bahkan kita menggunakan rujukan dari Adam Smith dengan World of Nations nya.
2. Dapat pendapatan dan akomodasi jalan-jalan gratis.

JENIS KARYA TULIS
Essay
Paper
Skripsi
Tesis
Disertasi

Paper itu harus pakai metode penelitian, analisis nya lebih lengkap dan panjang. Struktur nya latar belakang, landasan teori biasanya pengertian dan definisi, metodologi penelitian, pembahasan, penutup dan daftar pustaka.

GIMANA DAPAT IDE MENULIS?
Cari bidang yang menarik bagi kita.
Membaca berita ekonomi.
Berdiskusi

BAGAIMANA CARA MENULIS PAPER?
Permasalahan
Data pendukung, ambil dari bps badan pusat statistik.
Tujuan penulisan di akhir paragraf latar belakang.
Landasan teori, diambil dari penelitian terdahulu.
Metodologi ada kualitatif berupa penjabaran, literature review, mapping analysis dan kuantitatif berupa angka-angka, regresi dan DEA.
Pembahasan, terdiri dari tujuan kepenulisan, rangkuman dan rekomendasi.
Referensi, tulis nama penulis, tahun, judul, kota / negara, penerbit.

CARA MENERBITKAN
Masukkan ke jurnal, ngirim paper atau konferensi (kunjungi confbay.com), lomba.

Jurnal terakreditasi, journal terindex scopus, journal guide association bussiness school (ABS).
Bismillah.


Why should English?
Why not Arabic?
Why everyone put English as a priority?

It's actually because at the moment, unfortunately Arabic is not declared as the main language of the world. And we hope one day Arabic will be the main language of the world because Arabic is the language of Al-Quran, so it's a must for all Muslims to learn Arabic.

At the moment English is the main focus, the main language of the world. So in that case we have to do more dakwah, we have to interact to more people, we have to go cross borders, we have to go overseas and you have to mastering English. So that's why the motivation to learn English is not only for trend, not for lifestyle, no. But because English is the language of the world and we have to control the world by controlling the language first.


How to Mastering English?

For mastering English, make it a habit and apply it to our life every day, so I really encourage you to speak English every day without a fail, so it's not because you want to show that you know English, but because you want to practice the language.

It's unfortunately sometimes, you have a golden opportunity when you're in dormitory where you always meet your friends with the same interests, so it's the time for you to practice your English all the time, do not speak Indonesians for one year. Sleep with English, dream in English. Of course Arabic too in the same time.

تكلم بالعربية أو الإنجليزية فقط
ممكن كذلك؟ ممكن إن شاء الله.

So from time to time write everything in English and Arabic and read them. Let's say we have newspapers like Jakarta Post, unfortunately we don't have Arabic newspaper.

So this is how you master English. By turning into the habit and then make a goal, what else you'd like to do in English. Because if you don't have motivation, sometimes you know, you're a human, you feel lazy, demotivated, you don't want to speak English anymore, so promise to your body and yourself, you speak English now, you learn about English now, memorize vocabularies. Try with English, fight with it. Don't worry. I will take you. This is the same you speak to your old friend.

I always make promise to myself because I want to make this life is meaningful, full of wishes and contribution to the ummah. I want to become خير الناس أنفعهم للناس.


How to Get Scholarship Abroad?

You have social media, this is one of your opportunities to interact with people overseas, first of course you have to be careful because not everyone can be your friend. So let's say you come to my Facebook account, you see my friends overseas, you can ask them to become your friend, or you go to LinkedIn, Instagram and find the information about scholarship opportunity.

Second go to websites that normally offer scholarship, there is also scholarship fair in Jakarta, you can go and grab it. You go there, attend the booth and get brochure, make sure that you know what is the program, try to apply, but of course the most important thing is your niat (aim), what is your intention. So is it because you want to go study abroad, you want to see people overseas. Make your niat properly. Practice your English from now, get more information, always be kind to people, if people need your help, help them.

I think that TOEFL and IELTS is easy, because I always prepare everything in advanced, and I make as a habit, so this is one of the trick so you can get scholarship.
So first niat, second tips networking.

Many Indonesians even they go to UK, USA, they can't speak English well, they can't debate in English, even to say hello in English, they are useless, they don't have opportunity to practice there.


The Effective Way to Learn English

The effective way to learn English is reading. So let's say when you go to atm, there is an option of the language, choose English, set your phone in English, everything with English, even your social media should be in English. Also when you write your dreams, your diary, etc.

At the moment be strange to Bahasa, don't speak Bahasa, it's too easy. And my children have been living in the UK, they learn English by reading books. After you read books, and you'll be able to write. The book to them is not only about you read the book, but about appreciating people's work. This is how western people teaching their children. So start buying English books, or if you don't want to spend money, I know that English books are quite expensive, you go to the website, have you heard about BBC? You can read or listen to BBC news everyday everywhere. You'll be influenced by them. Because when you hear, you tend to follow right? BBC is free and you know how to imitate the proper English.

My child actually was a first winner for journalism competition in English, she wrote about ISIS. Her English is so beautiful and interesting.


How to Teach English?

Before you teach your friends, of course you have to prepare yourself better. Always give them motivation, because language is about motivation, sometimes you give tips or homework to them, but they don't really work on it or don't really like it, so try to courage them, make a competition, debate is one of the way. Why does it work? Because people tend to be emotional when debating, they will try very much to make you understand what their ideas are.

You also can make listening to news as your habit. So every morning or during your lunch time, you watch it on tv or phone.

And choose the accent, don't mix between American and England for example, you'll be confused with the slang or the idioms.


That's all what I got from the interview.
Hope it helps you in learning English.
Bismillah.


KNOWLEDGE

Masalah kita biasanya bahasa inggris kurang lancar, bahasa arab kurang fasih dan matematika jeblok.
Kalau ingin sukses di Dunia atau Akhirat harus tau ilmunya. Kamu harus jadi yang paling jago dan menguasai spesialisasi bidang ilmu anda. Kalau ngomongin shodaqoh kita kenal ustadz Yusuf Mansur, kalau ngomongin zikir kita kenal ustadz Arifin Ilham, kalau ngomongin qoblu kita kenal aa Gym.
Pokoknya kalau ngomongin ekonomi Islam belum ketemu kita belum afdhol.

Silahkan sebarkan ilmu di sosmed, kalau ada seminar di manapun apalagi kalau gratis, dengarkan baik-baik dan jadilah penanya pertama dengan pertanyaan yang paling baik dengan bahasa Inggris atau Arab, minta kartu nama, insya Allah kalian akan mudah dikenal sama speakernya.

Ketika kalian magang, pastikan semua knowledge nya ngelotok, terutama dalil-dalilnya, insya Allah akan mudah di employee sama perusahaan tersebut.

Rumusnya, besok belajar apa, baca dulu. Hari ini belajar apa, baca lagi.
Akhir pekan baru baca apa yang kalian suka.

SKILL

Soft skill ---> presentation ability, leadership, language, etc.
Hard skill ---> software komputer, aplikasi tertentu, nyetir, etc.

ATTITUDE AND BEHAVIOR

Inilah yang paling menentukan.
Kita ingin kalian jadi anak pintar dan sholeh. Karena kalian Masya Allah La Haula Wala Quwwata Illa Billah.. Maka perlu diadakan pendisiplinan. Lalu bawa ke rumah keistiqomahannya.
Saat ini kita belum bisa memberikan apa-apa, maka yang bisa kita berikan adalah kebanggaan dan akhlak yang baik.

Orang yang berpenampilan menarik, kaya, pinter, menjabat punya kecenderungan sombong. Kecenderungan inilah yang membuat kita gagal sukses. Jangan sampai sukses secara nilai namun gagal secara sosial karena tidak bisa teamwork.

Dalam sukses di tempat karir yang paling menentukan adalah spiritual dan emotional factor.

Bismillah.


Hari ini, salah seorang adikku yang manis nan cuek curhat, tentang permasalahan antara tanggungjawab dan persahabatan. Bagaimana jika ada suatu amanah yang hanya bisa dilakukan jika salah satu resikonya mengkhianati persahabatan. Apa yang harus dilakukan?
Ok, manisku, cantikku, sayangku.. Tenangkan dulu hatimu dan aku akan mencoba memberi secercah cahaya yang akan menghangatkanmu insya Allah..

Jujur saja, aku percaya kalian semua, kamu dan teman-teman kamu adalah anak-anak baik. Bagaimana tidak, aku pernah tinggal seatap dengan kalian dan menjadi ibu kedua yang mengenal secara langsung bagaimana luar-dalam kalian, dari mulai makanan kesukaan sampai kebiasaan aneh masing-masing. Setiap kalian dan juga aku tentunya punya kesalahan, tapi sejauh yang aku lihat, semuanya masih dalam batas wajar kok.

Kini sebagai OSIS, menghadapi teman yang bukan hanya tidak mendukung, tapi bahkan menentang, umm bagaimana ya? kalau dipikir logisnya sih,  kamu maupun teman-teman yang notabene pernah jadi anak-anak didik aku nggak salah, bagaimanapun juga kalian kan cuma melaksanakan tugas yang mungkin sebenarnya berat juga untuk kalian lakukan..
Dan iya, harusnya mereka paham kalau kalian punya amanah yang harus dipertanggung-jawabkan..

Nggak mudah memang..
Merangkul mereka salah satunya dengan tetap bersikap biasa, jangan sampai terlalu skeptis..
Tegur dengan tidak langsung kalau memang diperlukan..
Ajak bercanda..
Tetep blend in sama kedua belah pihak..
Humm, gimana lagi ya?

Susah juga kalau i'tikad baik nya nggak klop dari kedua belah pihak..
Tapi yang penting, aku pengen kamu dan temen-temen tetep jadi temen yang baik.. Seperti biasanya, jangan berubah kecuali jadi lebih baik..
Kalau nggak terdesak jangan ngomongin masalah ini, jangan diungkit-ungkit..
Jadi pihak netral..

Kamu dan temen-temen harus yakin,
Kalau orang baik pasti akan selalu ada yang nggak suka..
Jangankan kita yang banyak salah, Rasulullah aja yang sempurna banyak pembencinya..
Jadi keinginan untuk disukai semua orang itu angan-angan yang mustahil..
Pun ketika kita meninggalkan suatu kewajiban atau bahkan tanggung jawab cuma karena ngga enakan?
Apa iya kita yang mumayyiz, sudah bisa membedakan baik dan buruk masih belum bisa mengamalkan hanya karena khawatir anggapan orang lain?
Mereka emang temen, tapi temen juga punya batas untuk ngatur hidup kita, toh bukan mereka yang ngasih makan kita..

Tetep pegang prinsip, bergaul tapi jangan sampai melebur, kita juga harus buktiin punya pendirian, nggak ikut-ikutan..
Kalau nantinya muncul rasa kesel, sebel dan sejenisnya..
Hadapi dengan bijak, kita kan manusia, punya perasaan begitu, wajar kok..
Asal kita nggak mengungkapkan kekesalan kita sama mereka..
Pada akhirnya semua orang juga bisa ngeliat mana tokoh antagonis dan protagonis nya..
He, begitulah sunnatullah.. 😊

Makanya, sekarang, jadi anak baik, rajin belajar..
Biar nanti punya anak juga gitu..
Susah?
Ya emang susah, kalau gampang level anak SD dong?
Kalau ujian hidup itu gampang, hadiahnya bukan surga, tapi piring cantik..
Mau?

Insya Allah dimanapun kalian berada, akan selalu aku doakan..
Jangan lupa kamu juga harus doakan juga temen-temen..
Allah kan maha membolak balikkan hati..
Sampaikan, OSIS juga manusia.. Bisa salah..
Kalaupun ada anggota OSIS yang melanggar atau menentang, nasihatkan agar jangan contoh OSIS yg kaya gitu, contoh OSIS lain yang baik..

Sampaikan juga, kalau misalnya ada seorang muslim yang melakukan pengeboman, terus orang-orang non muslim komentar, tuh kan orang Muslim radikal, teroris..
Itu gimana?
Jelas salah kan..
Nge-judge keseluruhan karena kesalahan sebagian pihak itu nggak adil..
Bilang juga, kita melakukan ini karena sayang sama semuanya..
Kita pengen sekolah kita dikenal baik dan terhormat, karena masing-masing kalian secara tidak langsung juga duta nya sekolah, kalian bawa nama baik sekolah.

Oya kasih pencerahan dan reminder dari hati ke hati, ajak mikir..
Kalau aku paling suka tema orang tua, paling ngena..
Ceritakan kalau orangtua kalian di rumah menunggu keberhasilan kalian, jangan sampai mengecewakan mereka, jangan sampai nama orangtua jadi buruk karena kelakuan anaknya..
Kalian di sini nggak gratis, jangan sampai orangtua bersusah payah mengeluarkan uang buat Sekolah tanpa hasil..
Usahakan setiap hari lihat foto orangtua, lihat senyum mereka, harapan di mata mereka.. Buat mereka bangga dan bahagia.. Sebagaimana mereka membuat kita bahagia di waktu kecil..

Kita punya tauladan terbaik seperti Umar bin Khattab yang berani berubah dan menampakkan perubahan selama itu baik.
Tetap berjuang ya, sayang!


Bismillah.


Oleh : Isna Fauziah Biljannah

Firman Allah SWT. dalam Al-Qur’an surah Ali-Imran ayat 91:

إِنَّ الَّذِينَ كَفَرُوا وَمَاتُوا وَهُمْ كُفَّارٌ فَلَنْ يُقْبَلَ مِنْ أَحَدِهِمْ مِلْءُ الَْْرْضِ ذَهَبًا وَلَوِ افْتَدَىٰ بِهِ أُولَٰئِكَ لَهُمْ عَذَابٌ
أَلِيمٌ وَمَا لَهُمْ مِنْ نَاصِرِينَ

Sesungguhnya orang-orang yang kafir dan mati sedang mereka tetap dalam kekafirannya, maka tidaklah akan diterima dari seseorang diantara mereka emas sepenuh bumi, walaupun dia menebus diri dengan emas (yang sebanyak) itu. Bagi mereka itulah siksa yang pedih dan sekali-kali mereka tidak memperoleh penolong. (Q.S.Ali-Imran:91)

Apa yang paling berharga di dunia ini? Emaskah? Berapa harga emas?katakanlah 1 kg = 600.000.000,- . Berapa berat bumi? Jika berat bumi dikalikan 1 kg emas, betapa banyak nominalnya sampai kita kesulitan untuk menghitungnya.
Orang kafir telah divonis bahwa tempat kembalinya adalah neraka sebagaimana firman Allah dalam surah An-Nazi’at yang artinya “maka sungguh, nerakalah tempat kembalinya”. Lantas mereka bernegosiasi kepada Allah untuk menebus hukumannya dengan sebongkah emas sepenuh bumi??? Sungguh Allah tidak akan menerimanya.

Islam tidak bisa dirupiahkan, karena islam bukan dollar, bukan ringgit, apalagi real. Jangan sekali-kali kau tukar yang paling berharga di dunia ini dengan suatu hal yang sangat remeh. Apa kau sudi menggadaikan shalat jama’ahmu dengan gaji 10 juta? Apa kau sudi menggadaikan dzikir dan do’amu dengan gaji 20 juta? Engkau berangkat pagi pulang malam, shalat jama’ah keteteran, kesucian tempat ibadah kau acuhkan, dzikir dan do’a kau abaikan. Tidak sakitkah mereka engkau abaikan? Yang seharusnya mendapat perhatian bahkan mungkin lebih.

Islam harus masuk ke semua aspek kehidupan, ekonomi, sosial, budaya bahkan negara. Jangan berharap negara akan jaya apabila di dalamnya tidak ada al-Qur’an. Mengapa negara kita semakin terpuruk? JELAS! karena tidak ada al-
Qur’an di dalamnya, karena tidak ada Agama di dalamnya. Bagaimana
peradaban Andalusia dapat berjaya? Bahkan sampai sekarang belum ada yang
mampu menandinginya? Karena al-Qur’an dan Haditslah pedomannya.

Bismillah.


Narasumber : Ustadz Edi Chandra

Who are you? Man anta? Siapa kamu?
Seorang Muslim akan menjawab: أنا عبدالله - saya hamba Allah
Seorang Yahudi atau Nasrani akan menjawab: نحن أبناء الله - kami adalah anak-anak Allah
Seorang Hindu dan Budha akan menjawab: kami adalah hasil dari daur ulang, maksudnya reinkarnasi dari kehidupan sebelumnya (konsep yin dan yang).

Mari kita bahas satu per satu, apakah ada yang salah diantara ketiga pernyataan di atas? Tentu. Lalu apakah ada yang benar? Jika ada yang salah, maka pasti ada yang benar. Lalu yang mana yang benar yang mana yang salah dan kenapa?
Jawaban Hindu dan Budha sebenarnya kurang logis, karena mereka memaknai alam selalu berputar, itu berarti tidak ada awal dan tidak ada akhir. Padahal jelas ada manusia pertama.
Jawaban Yahudi dan Nasrani kurang tepat karena meski mereka meyakini Tuhan, namun mereka terlalu berlebihan dalam menyadarkan kata 'anak' kepada-Nya, meski semua juga tahu bahwa maknanya ya bukan seperti yang tersurat.
Maka jawaban satu-satunya yang benar adalah jawaban orang Muslim.

Bagaimanapun juga, ketiga pihak di atas mengakui adanya Tuhan. Orang Islam menyebut Allah, orang Nasrani menyebut Tuhan Yesus dan orang Hindu menyebut Shanti.
Lalu apakah Tuhan yang kita sembah itu berbeda? Sebentar. Sebelumnya, kita ajukan pertanyaan, siapakah manusia pertama? Tentu saja Adam. Semua agama juga meyakininya. Lalu siapa yang menciptakan Adam? Tuhan. Jadi sejatinya Tuhan yang disembah adalah sama. Namun sayangnya mereka salah dalam memahami makna Tuhannya. Inilah yang dinamakan Syirik, ketika meyakini adanya Tuhan, namun pengertiannya salah.
Inilah juga yang menjadi tujuan pengutusan para Nabi dan Rasul, yaitu meluruskan kembali pemahaman yang salah mengenai Tuhan.

Jadi siapa kita? Jika anda masih mengaku Muslim, maka pastikan jawaban anda adalah, 'saya hamba Allah'. Hamba pasti memiliki majikan atau. رب. Hamba yang baik adalah hamba yang taat pada Rabbnya, menuruti semua peraturan dan hukumnya. Nah peraturan di sini diturunkan sebagai Islam. Jadi kesimpulannya, sumber hukum adalah Allah melalui Rasulullah dengan Al-Quran dan Sunnah.

Jadi apa itu sumber hukum?
Para ahli hukum, mahasiswa jurusan hukum dan para hakim yang kurang memahami Islam akab menjawab, norma dan undang-undang.
Namun sebagai pejuang Ekonomi Islam Indonesia, kita berbeda, sumber hukum kita berasal dari sumber yang terpercaya, autentik dan tidak diragukan lagi, yaitu Al-Quran.

Oleh karena itu, manusia sebagai objek hukum terbebani (مكلف ), artinya ia bisa terkena hukum dosa atau pahala jika memenuhi syarat Islam, baligh dan berakal.
Lalu kapan pengadilan dan penghakiman itu dilakukan? Tentu saja di akhirat. Dunia adalah tempatnya amal.

Manusia ada 2 macam :
Pertama : جبري yaitu sesuatu yang tidak disengaja / fitrah, seperti suku, ras ataupun cinta. Semuanya tidak memiliki konsekuensi hukum.
Kedua : اختياري yaitu amal yang disengaja atau dilakukan dengan usaha. Ini berdampak pada hukum taklif halal haram.
Sumber hukum yaitu Allah telah menurunkan aturan berupa Al-Quran dan Sunnah yang terdiri dari 5 jenis hukum taklifi :
1. Wajib - mendapat pahala jika dilakukan dan mendapat dosa jika ditinggalkan.
2. Mandub / sunnah - mendapat pahala jika dilakukan dan tidak berdosa jika ditinggalkan.
3. Haram - mendapat dosa jika dilakukan dan mendapat pahala jika ditinggalkan.
4. Makruh - mendapat pahala jika ditinggalkan dan tidak berpahala jika dilakukan.
5. Mubah - boleh, tidak berpahala tidak berdosa. Namun poin ini berpotensi masuk ke 4 hukum lainnya.

Kenapa ada perbedaan manhaj? Dan darimana asalnya perbedaan hukum?
Jika ada suatu permasalahan yang memiliki dasar hukum namun belum jelas detailnya, kita tidak bisa bertanya langsung kepada Allah ataupun Rasulullah. Maka terjadilah ijtihad, dalam ijtihad para ulama, terkadang ada perbedaan pendapat yang masing-masing memiliki dalil penguat, jadi setiap pendapat dengan hukum tertentu itulah dinamakan manhaj.
Adapun proses menyimpulkan hukum dari teks dinamakan استنباط الأحكام.

Ekonomi Islam membahas prinsip transaksi yang halal. Namun seiring berkembangnya zaman, manusia selalu berimprovisasi, lalu kaum muslimin bertanya, apa hukumnya? Nah saat itulah kita gunakan fiqh Muamalah. Fiqh ini membahas tentang hubungan antar manusia. Adapun fiqh yang membahas hubungan antara manusia dengan Allah dinamakan fiqh Ibadah.


Bismillah.


Oleh : Alya Fauziah

Kenapa mengejar dunia bisa semangat 45??
Kenapa mengejar akhirat ga bisa jauh lebih semangat??

Bukankah akhirat yang akan kekal?
Bukankah tempat tinggal kita yang asli adalah dunia akhirat??
Bukankah dunia ini hanya tempat sementara untuk mengumpulkan bekal untuk di akhirat??

Lalu kenapa kamu begitu lesu mengajar akhirat??
Bukankah ketika kamu mengejar akhirat, dunia akan mengikuti??

Lalu kenapa harus dinanti-nanti.
Kenapa ga dari sekarang aja.
Kenapa harus ada alasan 'karna masih muda jadi taubatnya nanti aja'. Atau 'karna masih muda jadi have fun dulu aja'.

Bukankah di akhirat nanti Allah akan bertanya tentang masa mudamu? Untuk apa kau gunakan?

Jika kita meninggal di usia MUDA, tapi belum sempat bertaubat. Belum sempat menutup aurat. Belum sempat memanfaatkan masa muda dijalan Allah.

Terus Allah nanya nih nanti " untuk apa masa mudamu digunakan? "

Terus kamu mau jawab apa? Jawab gini, "ya Allah aku menggunakan masa mudaku untuk nongkrong bareng temen-temen" atau "ya Allah aku gunakan masa mudaku bersama pacarku" atau, "ya Allah aku gunakan masa mudaku untuk travelling, terus upload di sosmed biar bisa jadi selebgram".

Oh come on, ga elegan banget jawabannya.

Masa muda itu harusnya kau gunakan untuk hal yang bermanfaat dan bisa menambah tabungan untuk akhirat. Kamu ga perlu malu karna dibilang kuno, atau dibilang ga kekinian. Biar saja ga kekinian di dunia. Yang penting nanti kekinian di akhirat.

Kamu ga perlu malu isi instagram mu penuh dengan kegiataan sosial. Ga perlu malu isi instagrammu penuh dengan campaign sosial. Ga perlu malu isi instagrammu penuh dengan berita-berita ummat. Ga perlu iri sama yang isi instagram nya ditempat-tempat keren.
Ga perlu ya ga usah iri. :)

Kita ga usah peduli sama penilaian orang lain tentang kita. Penilaian orang lain tentang kita ga ada apa-apanya dibanding penilaian Allah tentang kita.

Jadi buat ikhwah fillah semua. Ga ada lagi alasan malas posting berita berita ummah, kecuali alasan limited kuota, dan jaringan.😌

Kita baru bisa bantu ummah melalui sosmed dan doa.
Kalau kamu merasa sibuk dan ga bisa sama sekali posting . Ngaca deh, Rasulullah itu jauh lebih sibuk dari kamu loh. Tapi beliau bisa mengorbankan seluruh waktunya untuk Ummat. Terus kita? Cuma makhluk biasa. Belum terjamin surga nerakanya. Kerjaan gitu-gitu aja ngejar dunia. Ga malu?? Ga takut mikirin akhirat nanti masuk mana? 😥

Ayolah, cuma posting aja kok. Kuota mu akan diganti sama Allah di akhirat nanti dengan tempat tinggal di surga. Percaya deh. :)


Bismillah.


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Good night my friends and sisters.
How is your day? I hope that Allah will always bless us.

All the praises belong to Allah, the only God of the world who gives us a chance to meet in this blessed hall insya Allah. And peace be upon our beloved prophet, Rasulullah Muhammad pbuh, his family, his companions and his followers until the last day.

I'm standing here tonight to deliver a speech under topic 'positive thinking'.
Actually this is one of my weakness, I am a very pessimist person, so this is a bit challenging for me.
But let me tell you a motivational quote that I get from my new TLC lecturer, mr yusuf. He said, 
The only failure is the failure to try.

If you courage enough to try, at least you will have 2 options consiquences: success or fail, there you have a chance to success. But if you don't have any courage to try, your one and only consiquence is fail 100%.

And I am here now, pushing all my effort to be confident to do a public speaking in front of you, which in other hand, I most prefer to write than speak.

So, back to the topic.
Positive thinking is a mental and emotional attitude that focuses on the bright side of life and expects positive results.
When we talk about positive thinking, it has a relation with husnudzon, right?

يَقُولُ اللَّهُ تَعَالَى: أَنَا عِنْدَ ظَنِّ عَبْدِي بِي، وَأَنَا مَعَهُ إِذَا ذَكَرَنِي
Allah the Almighty said: I am as My servant thinks I am. I am with him when he makes mention of Me.

We often complaining and think negatively, and as long as our mindset is negative, we won't get whatever we want !! But if we always say "It's Easy & I Can insya Allah" then our body and soul will move to run it and support us with positive vibes..

My friends and sisters.. do not be a complainer, because that's just wasting our time .. There must be a belief in our heart that we SURE, I CAN DO IT !! Never care about other people, I mean do not think about evil talk or negative talk of others .. Reach your dream .. Run .. There's nothing that can stop you without your permission, the control of your life is all in your hand..

Remember the story of Thomas Alfa Edison the inventor of the bulb a.k.a lamp? The most famous quote of him is one percent inspiration and ninety nine percent perspiration. Agree? Yup, true that genius is achieved with only 1%  of talent and the rest 99% of hard work. Uniquely, when he asked about the failure of his invention, Thomas A. Edison replied he never failed. He even managed to find 10,000 ways to create a bulb that is not incandescent.

So, my friends and sisters..
Remember one thing, You can reach everything you wanted not because you're strong, but because Allah is your strength.
"لا حول ولاقوة إلا بالله"
There is no might nor power except in Allah.
So, ask to him, request him and Allah will make it easier..

That's all my kultum.
Thank you jazakumullah khairan for your attention.
I apologize if there's some mistakes, all the rightness are from Allah and all the mistakes are from me and syaythan.

Finally, Let's end this occasion with kafaratul majlis prayer.
Bismillah.



Narasumber: Pak Arifin.
Manajer auditor di bank BJB Syariah.

Pusat studi fintech syariah. Tataran riba, gharar, dll bukan hanya nyata lagi. Di tengah tingkat kepemilikan kredit masyarakat Indonesia yang masih jauh dari angka ideal, di lain sisi kepemilikan smartphone sampai ke pelosok desa.

Kita yang di sini mempelajari ekonomi Islam tenang-tenang saja ketika riba sampai ke pelosok desa melalui smartphone dan internet dengan peminjaman dana.

Pusat studi ini selain mencegah riba, dzalim dan gharar melalui digital, kami juga ingin memastikan bahwa fintech syariah betul-betul dilaksanakan sesuai dengan kaidah syariah, memiliki dewan pengawas syariah.

Siap untuk perang melawan riba, gharar dan dzalim?

Silahkan datang dan temui kami di pusat studi fintech syariah di sekretariat pascasarjana STEI TAZKIA.
Bismillah.

Ketika ekonomi menggunakan uang, maka masih ada unsur ketidakpastian. Karena nilai nominal nya lebih besar dari nilai intrinsik.

Kini uang di-digital kan, menjadi e-money. Maka ketidakpastian menjadi bertambah. Apakah teknologi ini tidak akan lumpuh suatu saat?
Lalu bagaimana kita akan menjalankan ekonomi?

Maka ada sekelompok orang yang tidak menggunakan keduanya dan memilih alat tukar yang lebih adil, yaitu emas.

Pegadaian syariah memiliki financial technology yang berbasis emas dengan produk tabungan emas. Transaksi awalnya dengan membeli emas, lalu pulang dengan membawa catatan saldo emas.
Hebatnya, dengan sistem digitalisasi, bisa beli emas dengan sangat kecil dan tipis dari mulai 0,01 gram atau sama dengan 6.000 rupiah. Dan fitur yang ada juga sudah mirip seperti transaksi uang, kapan saja bisa beli dan transfer.

Apa untungnya?
Uang ada bunga karena ada inflasinya.
Namun emas hanya dititip. Untungnya suatu saat ketika mau dicairkan, dijual lagi ke Pegadaian dengan harga terakhir. Artinya ada keuntungan secara finansial dengan kenaikan harga emas. Memang bisa jadi turun, namun seringkali fakta membuktikan bahwa harga emas selalu naik di masa depan.

Kita membicarakan tentang emas yang bisa diaplikasikan seperti e-money.
Biaya titip emas 30.000 / tahun.
Ketika butuh bisa juga diambil dalam bentuk emas.
Insya Allah sesuai syariah karena menggunakan metode murabahah dan wadi'ah.



Belum bisa punya dinar?
Yuk menabung emas!