Latest Posts

Ide Garnish dan Plating Ala Banat

By 22.03 , , , ,

Bismillah.


gar.nis
n penghias hidangan: ia mencoba menambah -- pada setiap hidangan yang disuguhkannya untuk memikat konsumen.

Demikianlah pengertian garnis (garnish dalam bahasa Inggris) menurut KBBI, dan bermakna sama juga dalam kamus Oxford. Adapun plating, aku tidak menemukan dalam keduanya, tapi kata ini sering digunakan oleh para koki (chef). Plating diambil dari kata 'plate' yang berarti piring. Plating maknanya adalah proses pemindahan masakan dari alat masak (loyang, panci, penggorengan, dll) ke piring. Jadi setelah masakan matang atau sesuai keadaan yang diinginkan, diangkat dan diletakkan di piring kemudian dihiasi atau dipercantik sedemikian rupa.

Beberapa tahun lalu tepatnya tahun 2012, pesantren putri (banat) mengadakan lomba memasak untuk semua santri per kamar (kamar). Lomba ini diadakan dalam rangka classmeeting setiap tahunnya.
Saat itu aku menjadi bagian dokumentasi, berharapnya sih jadi juri (supaya bisa nyicip, he).
Awalnya aku pikir mereka hanya akan menyiapkan masakan sederhana tanpa hiasan, mengingat saat itu, sehari sebelum lomba, mereka hanya diperbolehkan keluar pesantren saat sore dan itu kan waktu yang sebentar.
Tapi ternyata aku salah, mereka menyajikan berbagai macam masakan dengan tampilan yang eye-catching. Supaya tambah keren, masakannya dikasih nama pake bahasa Inggris seadanya, he. Dan di sini aku akan share ide kreatif garnish dan plating mereka.

1. Fried rice green fresh + ice lemon tea (nasi goreng dengan acar segar dan es teh lemon)


Dengan menggunakan 2 buah piring, yang satu untuk nasi gorengnya, dan satu lagi untuk acar (dalam mangkuk kecil), kerupuk dan alas minuman.
Mereka membuat banyak hiasan dari daun pisang yang dibentuk dengan bantuan stapler untuk sekeliling piring dan mangkuk acar.
Garnish nya sendiri tidak terlalu banyak, nasi gorengnya pakai sosis jadi ada semburat merah-merah. Ada telur goreng, irisan mentimun, bakso, tomat dan cabai merah yang dibentuk seperti bunga. Tidak lupa bawang goreng di atasnya.
Minumannya es teh dengan hiasan potongan lemon.

2. Little turtle and ice jelly orange (kura-kura kecil and es jeruk jelly)


Ini cukup sederhana ya. Nasi kuning dicetak berbentuk kura-kura dengan irisan sosis goreng di atasnya, ada bihun dengan telur goreng berpola waffle, tempe orek serta tomat dan wortel bunga. Minumannya es jeruk dengan jeli. Mereka menggunakan piring dan gelas biasa.

3. Nasi bakar spesial



Nasi dibungkus daun pisang seperti lontong, lalu dibakar. Hiasannya ramai sekali, ada telur gulung, bakso, tomat berbentuk bunga dengan sambal di atasnya, cabai hijau bunga, daun kemangi, kerupuk, mentimun bunga dan bunga sedap malam.
Minumannya hanya sirup melon dan jeruk baby.
Ini yang buat anak-anak SD lho. Masya Allah.

4. Nasi bakar sosis oncom + tea strawberry


Konsepnya sama dengan nasi bakar spesial, namun di sini dibelah dua, dan diletakkan sosis di tengahnya. Hiasannya lebih sulit karena ada tomat yang dibentuk mawar dan cabai bunga juga. Selain itu ada kerupuk dan selada.
Minumannya es teh stroberi dengan hiasan lemon. Masakan ini sempat diganti namanya, he. Awalnya nasi bakar ala kamar 6 enak dan bergizi.


5. Yaman food (masakan yaman)


Terinspirasi dari salah satu anak kamar mereka yang keturunan arab, mereka membuat masakan ini. Bentuknya unik seperti tumpeng, ada hiasan sosis, bakso, timun, tomat, selada, ayam suwir dan cabai merah besar. Ditambah semangkuk sambal yang diwadahi dengan daun pisang. Minumannya es nanas dengan potongan nanas besar yang unik.

6. Roll rice (nasi gulung)


Terinspirasi dari sushi ala Jepang, mereka membuat nasi lonjong digulung dengan rumput laut. Tomat kecil yang dikosongkan dan diisi bakso, selada, sosis, timun jepang dan nugget berbentuk bintang. Minumannya sirup melon dengan jelly berbagai bentuk.


7. Rice tower and jelly sweet (nasi menara dan jeli manis)


Dengan alas piring putih dan daun pisang, di atasnya ada nasi goreng dibentuk seperti tingkat. Hiasannya ada sate sosis dan bakso, selada, mentimun dan tomat, serta cabai merah hijau spiral.
Minumannya es jeli dengan lemon kecil di bibir gelas.



8. Rice tofu ball (nasi tahu bola)


Nasi goreng dengan lauk perkedel tahu berbentuk bulat, tomat bunga dan sambal kecap di mangkuk putih dengan hiasan cabai merah. Minumannya es jeli dengan rumput laut.



9. Special rice and fruit milk (nasi spesial dan susu buah)


Ini juga kreasi anak SD, dan ini favoritku. Bentuknya lucu dan imut.
Sepiring nasi goreng dengan telur rebus berbentuk kelinci! Ada udang dan kerupuk bunga juga. Adapun hiasannya sate bakso sosis di kiri dan kanan, selada, tomat dan mentimun serta sambal. Minumannya es susu dengan potongan buah-buahan.





Demikianlah review mengenai hasil lomba memasak tahun 2012, he.
Semoga bisa menginspirasi.
Wallahualam.
#ODOP #BloggerMuslimahIndonesia

You Might Also Like

8 comments

  1. nasi dibentuk kura-kura itu menarik. Kreatif ya anak-anak banat, belajar menghias makanan lebih colorful

    BalasHapus
  2. Mbak Aisyah ngajar di pondok kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tahun lalu kak, saat khidmah (pengabdian), aku sempat mengajar dan jadi musyrifah (pembimbing kamar).. ^^
      Ada ceritanya di postingan 'Asrama dan Khidmah' dan 'Perpisahan Khidmah'..

      Hapus
  3. Cantik platingnyaa.. kereen 😊

    BalasHapus
  4. itu cantik-cantiknya masakannya...kreatif penyajiannya ya Mbak:)

    BalasHapus
  5. Penampilannya cantik-cantik banget. Kreatif.
    Aku mah jangankan bikin yang cantik gitu, masak aja ala kadarnya.

    BalasHapus
  6. Aih cantiknya...
    Dan saya jadi lapar hehehe!

    BalasHapus
  7. Iya..ya.. kreatif bikin rupa2 yg cantik2.. berbakat jd chef

    BalasHapus

Thank you so much if you're going to comment my post, give advice or criticism. I'm so happy ^_^ But please don't advertising and comment with bad words here. Thanks !

♥ Aisyah