Latest Posts

Buku ♥

By 09.41 ,

Bismillahirrahmanirrahim..


Abi baru saja pulang dari Islamic Bookfair sore tadi, seru katanya, namun tak ada satu buku-pun yang ia beli, tak ada yang menarik baginya (kau tau, list buku yang dicari abiku hanyalah buku-buku sejarah klasik), ia hanya membawa katalog-katalog penerbit dan goodie bag serta merchandise Bookfair untukku, dari salah satu kawannya yang merupakan panitia pameran buku tersebut.

Aku semangat membaca beberapa majalah dan buku-buku yang ada di dalam goodie bag itu, ah, aku tiba-tiba tersadar, kapan ya terakhir kali aku memiliki semangat membaca seperti ini? Umm, entahlah.. jujur saja, dulu abi dan ummi tak pernah absen mengajakku ke pameran buku, bahkan sejak aku masih sekolah dasar, aku ingat sekali, setiap diajak ke pameran buku, aku begitu excited sekali, dan sepulangnya dari sana, aku ribut berceloteh dalam kereta saat pulang, bercerita ini-itu pada orangtuaku, atau aku langsung membuka buku yang ku beli dan mulai membaca sepanjang perjalanan.

Dulu aku cinta buku, tak ada oleh-oleh yang paling ku nanti setiap abi pulang selain buku (atau paling tidak majalah).

But, it has been long ago. Bila aku bercermin pada diriku sekarang, aku sadar aku berubah, kecintaanku pada buku semakin menipis seiring dengan bertambahnya umurku. Orangtuaku jarang mengajakku lagi ke pameran buku, bukan tanpa sebab, sekolah selalu mengadakan kunjungan ke pameran buku hampir setiap tahunnya sejak -kurang lebih- 2 tahun lalu, selera bacaku berubah, tak ada lagi yang membimbingku atau memberi saran buku apa yang harus ku beli, kini aku hanya membeli buku yang sesuai dengan seleraku, alhasil setelah selesai membacanya, aku menyesal. Rupanya pilihanku seringkali salah, aku telah mengambil buku-buku yang 'kurang berbobot'.

Aku rindu masa-masa itu, menghabiskan waktu di kamar membaca buku sampai sore, tanpa mengenal gadget, tanpa disibukkan oleh media sosial. Melihat buku-buku itu, seketika terbesit rasa rindu dalam diriku.

Buku itu jendela ilmu, maka sungguh, selama ini salah satu kesalahan terbesarku dalam menuntut ilmu adalah mencukupkan pikiranku dengan pengetahuan dari buku-buku sekolah saja.

Semoga saja, mulai saat ini tumbuh lagi kesungguhanku untuk mengarungi lautan ilmu, dan, aku harus meyakinkan diriku, bahwa buku jauh lebih menyenangkan dari film, hamasah!  \ ()

Well, apa yang harus kulakukan sekarang? Mulai membersihkan perpustakaan miniku yang entah sudah berapa banyak debu di sana, mungkin?

Bismillah.
Dan oh, aku juga lupa, kapan ya terakhir kali aku menulis?

Bogor, 2 maret 2016

You Might Also Like

0 comments

Thank you so much if you're going to comment my post, give advice or criticism. I'm so happy ^_^ But please don't advertising and comment with bad words here. Thanks !

♥ Aisyah