Latest Posts

Jaminan = Dhaman = الضمان

By 09.00 , , , ,

Bismillahirrahmanirrahim..

Contoh Jaminan


Pengertiannya

Jaminan (الضمان) secara bahasa : berasal dari mashdar fi’il (kata kerja) ضمن (menjamin) yang berarti كفل (menjamin / menanggung), diambil dari kata التضمن, karena tanggung jawab penjamin adalah menjamin hak.

Sedangkan secara istilah : seseorang mengharuskan dirinya untuk membayar apa yang menjadi kewajiban bagi orang lain dari hak-hak harta.

Contohnya : Muhammad meminta Kholid untuk menjual mobilnya padanya dengan harga 200 ribu real, tidak kontan hingga setahun, lalu Sa’id berkata, “juallah dan aku menjamin harganya” atau “juallah dan harganya padaku”, atau yang lainnya.


Hukumnya

Dhaman (jaminan) itu hukumnya boleh, yang menunjukkan kebolehannya adalah dalil dari Al-Quran, Sunnah dan Ijma’.

Dalil dari Al-Quran adalah :
وَلِمَنْ جَاءَ بِهِ حِمْلُ بَعِيرٍ وَأَنَا بِهِ زَعِيمٌ
“dan siapa yang dapat mengembalikannya akan memperoleh bahan makanan (seberat) beban unta, dan aku menjamin terhadapnya” (QS. Yusuf : 72).
زعيم yang dimaksud berarti كفيل yaitu orang yang menjamin.

Dalil dari hadits adalah sabda Rasulullah shallallahu alaihi wasallam :
اَلزَّعِيْمُ غَارِمٌ
“Orang yang menjamin sesuatu harus membayar” (HR. Abu Dawud dan Tirmidzi).

Dalil dari ijma’ adalah kesepakatan para ulama atas kebolehannya.


Apa yang Men-sahkan Dhaman (Jaminan)

Diantara hal-hal yang membolehkan dengannya dhaman (jaminan) adalah sebagai berikut :

1.       Utang (jaminan uang) dan harga barang yang tidak kontan.

2.      Jaminan barang, maksudnya : jika seseorang menjamin kepada seorang pembeli bahwa penjual akan mengembalikan padanya harga (uang)nya jika ternyata barang yang dibelinya tersebut bukan milik penjual, atau jika ditemukan aib di dalamnya.


Hukum-Hukum yang Diakibatkan oleh Dhaman (Jaminan)

Jika dhaman (jaminan) itu sempurna, maka ia mengakibatkan beberapa hukum, diantaranya :

1.       Pemilik hak boleh menuntut orang yang dijamin atau pejamin itu sendiri jika telah habis masa tempo, namun tanggung jawab orang yang dijamin tidak lepas meski ada pejamin.

2.      Jika pemilik hak menagih utangnya pada pejamin, lalu ia membayarkannya, maka penjamin dapat kembali kepada yang dijamin dan menagih darinya atas apa yang sudah dibayarkannya.


Bebasnya (tanggung jawab) penjamin dan orang yang ditanggung

1.       Orang yang dijamin bebas tanggung jawab dalam 2 keadaan :
a)     Jika ia menunaikan hak kepada pemiliknya (membayarkannya)
b)     Jika pemilik hak membebaskannya dengan menggugurkan utangnya

2.      Penjamin bebas tanggung jawab dalam 2 keadaan :
a)     Jika orang yang dijamin sudah bebas dengan salah satu (dari kedua) pekara diatas
b)     Jika pemilik hak membebaskannya.


Tambahan

1.       Penjamin itu adalah orang yang berbuat baik kepada orang yang dijamin, maka seyogyanya ia (yang dijamin) tidak berbuat jelek kepadanya (penjamin), oleh karena itu wajib bagi yang dijamin untuk membayar hutangnya sesegera mungkin dan tidak melakukan sesuatu yang membuat penjamin ditagih oleh pemilik hak.


2.      Pemilik hak hendaknya berbuat baik dengan tidak menagih penjamin kecuali ada sesuatu yang menghalangi bagi pemilik hak untuk menagih orang yang berhutang, dan demikianlah yang disyariatkan agar tetap ada manusia yang mau menjamin dan berbuat baik.

You Might Also Like

7 comments

  1. Terima kasih artikelnya saya jadi mengerti maksud dari jamina itu dalam Islam...

    Salam kenal dari Pulau Dollar

    BalasHapus
  2. Terkadang yang diberi hutang males bayar. Itu yang membuat permusuhan.

    BalasHapus
  3. di kampung ada transaksi seperti ini,.. orang pinjam duit lalu menjaminkan sawahnya, terus selala uang itu belum di bayar secara tunai maka selama itu pula yang pinjang duit akan menyetor hasil sawah yang di jaminkan itu ke yang punya duit, nah gimana itu mbak,oh ia blognya terlalu berat,kalau bisa di optimasi sedikit, hehehe biar ringan

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah ilmu baru

    thanks for sharing ^^

    BalasHapus
  5. Menjaminkan sawah, kalau di desa saya juga ada. Selama belum bisa mengembalikan uangnya, maka sawah tsb digarap oleh yg punya uang tsb

    BalasHapus
  6. Zaman dulu memang sudah tertib tata cara pinjaman dengan jaminan. Dan Islam datang menyempurnakan, namun saya pernah membaca sebuah kisah jika ada seorang lelaki yang meminjam sejumlah dinar dengan atas nama Allah SWT saja tanpa adanya jaminan maupun saksi, keduanya benar-benar menjadikan Allah sebagai saksi dan penjamin sebaik-baiknya.

    BalasHapus

Thank you so much if you're going to comment my post, give advice or criticism. I'm so happy ^_^ But please don't advertising and comment with bad words here. Thanks !

♥ Aisyah